Pemimpin Yang Patut Diteladani

Posted: 11/06/2015 in Tulisan

Setiap pemimpin harus memiliki sisi kharismatik meskipun sisi kharimatik itu berbeda-beda mulai dari pemimpin yang keras, pemimpin yang tegas, pemimpin yang berwibawa hingga pemimpin yang dekat dengan yang dipimpinnya. Namun bagaimanapun kharismatiknya tetap saja pemimpin harus memiliki sikap dan sifat yang patut diteladani oleh bawahan atau rakyatnya, seperti :

  1. Jujur

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki sifat jujur di segala situasi, karena jika tidak memiliki sifat jujur seorang pemimpin akan kehilangan kepercayaan dari rakyatnya. Contohnya wakil rakyat dipilih oleh rakyat berdasarkan kharismatiknya dan dengan harapan rakyat bahwa wakil suaranya dapat menyampaikan apa yang diinginkan rakyat apabila wakil rakyat tidak memiliki sifat jujur maka tentu saja rakyat akan kecewa dan tidak akan mempercayainya lagi, lalu bagaimana seorang pemimpin dapat membawa peruubahan kearah yang lebih baik apabila rakyatnya sendiri sudah tidak percaya kepada pemimpinnya?

  1. Perilaku yang terpuji

jika seseorang mengidolakan seorang idola maupun pemimpin maka seorang tersebut akan cendrung mengikuti apa yang dilakukan pemimpinnya. Contohnya nabi dan rosul Muhammad S.A.W beliau selalu memberikan dan menjadi contoh terpuji bagi umatnya seperti beliau selalu memiliki sifat jujur dalam situsi apapun, ramah dan suka mengasihani umatnya sehingga menjadi contoh bagi umatnya memiliki sikap dan sama mengikuti beliau.

  1. Membenarkan apa yang benar

pemimpin yang baik harus memiliki sikap membenarkan apa yang memang seharusnya benar, terlebih bila hal ini menyangkut pemimpin dan rakyatnya. Contohnya seorang penegak hukum dalam menghadapi penjahat tidak perduli latar belakangnya bagaimana, keluarga atau kenalan siapa apabila dia penjahat maka harus dihukum sesuai dengan kejahatan yang dilakukannya jangan memberikan hukuman secara subjektif dengan alasan orang yang dia kenal, keluarganya atau apapun maka penjahat ini tidak mendapat hukuman yang sesui justru mendapat hukuman yang lebih ringan. Pemimpin yang mebela bangsa dan rakyatnya tentu akan selalu dikenang oleh rakyatnya meskipun kelak tidak lagi menjadi pemimpin

  1. Demokratis

Seorang pemimimpin tidak akan disebut pemimpin jika tidak memiliki pengikut, bawahan atau rakyat. Maka dari itu peran pengikut, bawahan atau rakyat merupakan hal yang penting dalam kehidupan seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus tahu dan mampu memenuhi hal-hal apa saja yang sahang dibutuhkan oleh rakyatnya. Contohnya seorang presiden atau kepala negara harus dapat menampung dan mendengarkan bebagai aspirasi yang diajukan oleh rakyatnya bukan mengenyampingkannya, karna tujuan menjadi seorang pemimpin yang utama adalah bagaimana agar rakyatnya atau oran-orang yang dipimpinnya merasa bahagia dan atau puas dengan keemimpinnanya, memiliki kehidupan yang lebih baik, dan memiliki kesejahtraan bukan malah memeprkaya diri sendiri.

  1. Tidak egios

Selain itu ada gaya kepemimpinan pengusaha sekaligus milyuder dunia Bill Gates yang dapat dicontoh oleh para usahawan indonesia. Kesediaan Gates untuk mundur dari posisi orang nomor satu, meskipun dia adalah pendiri perusahaan menajdi suatu catatan yang menarik dalam sejah bisnis. Biasanya para pendiri perusahaan, senantiasa berusaha agar kepemimpinan perusahaan terus berada digenggamannya dan bila perlu diteruskan hingga anak cucunya. Namun, bila dilihat lebih jauh upaya gates ini merupakan lankah strategis agar microsoft terus tumbuh dan berkembang tanpa embel-embel Gates dibelakangnya. Karena hingga saat ini sulit melepaskan nama Gates adalah Micrsoft dan Microsoft adalah Bill Gates.

Langkah Gates ini membuat Steve Ballmer yang diserahi tugas memimpin perusahaan dengan karyawan berjumlah lebih dari 50 ribu orang diseluruh dunia saa itu leluasa menjadikan microsoft semakin medunia. Gates adalah pendiri cum visioner yang mengarahkan perusahaan kemasa depan, sedangkan Ballmer dinilai sebagai sosok pemimpin yang mumpuni dalam mengelola dan memimpin operasional keseharian. Lebih menarik lagi, proses transisi ini berjalan normal dan wajar.

Kerelaan Bill gates untuk tidak terus menerus duduk diposis nomor satu diperusahaan dapat menjadi ukuran bahwa aspek-aspek pengelolahan perisahaan dapat diserahkan kepada para profesional yang ompeten dibidangnya masing-masing. Para pendiri perusahaan, dapat terus menajamkan visi perusahaan kemasa depan sembari menjalankan aktivitas sosial, berkiprah dibidang kemanusiaan menjadi contoh yang terpuji bagi para penggemarnya.

Jadi diharapkan jika anda menjadi pemimpin memiliki kharismatik dan sifat jujur, memiliki prilaku yang terpuji agar dicontoh baik oleh rakyatnya, membenarkan apa yang memang benar, menjadi pemimpin yang demokratis sehingga tujuan pemimpin untuk mensejahtrakan rakyat dapat tercapai, serta tidak egois untuk mempertahankan posisi atau mengambil semua taggung jawab padahal bukan sesuai dengan kemampuannya. Namun apabila anda sebagai karyawan atau rakyat dan memiliki pemimpin yang kurang baik maka anada dapat mencotoh sifat dan sikap baiknya serta membuang sikap atau sifat buruknya sehingga anda dapat menjadi contoh pemimpin baik di masa depan. Manusia memang tak ada ynag sempurna, tetapi memperbaiki diri agar terus lebih baik lagimerupakan suatu keharusan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s