Prinsip Berpegang Teguh

Posted: 27/04/2015 in Tulisan

Prinsip adalah kebenaran yang diyakini sehingga menjadi pokok dasar berfikir, bertindak dan sebagainya. sedangkan teguh dapat diartikan sebagai kukuh atau kuat. Jadi prinsip berpegang teguh dapat disimpulkan sebagai kebenaran yang diyakini sehingga menjadi pokok dasar pemikiran yang dipegang atau dianut oleh seseorang dengan kukuh dan kuat. orang yang selalu berpegang teguh pada prinsip adalah orang yang selalu mengikuti apa yang dirinya pikir dan yakini kebenarannya sehingga tidak akan mudah goyah apabila dipengaruhi oleh orang lain.

Prinsip berpegang teguh harus selalu diterapkan setiap orang pada dirinya sendiri, sehingga tidak akan mudah terbawa lingkungan yang kurang baik. Tetapi tentu saja prinsip berpegang teguh harus selalu diimbangi dengan pemikiran terbuka bahwa tidak selamanya dia benar, adakalanya dia salah dan mendengarkan pendapat orang lain. Karena jika tidak diimbangi dengan pemikiran terbuka maka akan sangat mudah menimbulkan pertikaian yang disebabkan perbedaan prinsip.

Berpegang teguh pada prinsip tentu saja harus ada landasan atau hukum-hukum dimana batas benar dan salah. Untuk orang beragama memiliki kitab-kitab agama yang dianut sebagai hukum dimana batasan benar dan salah contohnya seorang muslim meiliki Al-Qur’an dan hadist sebagai petunjuk atau batasan tetang yang benar atau boleh dilakukan dengan yang salah atau tidak boleh dilakukan serta penjelasan tentang apa yang didapat ketika benar dan apa yang didapat apabila salah.

Sedangkan manusia sebagai warga negara mempunyai aturan di setiap negaranya masing-masing yang pada intinya menjadi petunjuk atau batasan antara benar dan salah. Setiap negara mempunyai hukum untuk warga negaranya tentang batasann benar dan salah contohnya indonesia yang berlandasan hukum UUD 1945. Jadi artinya prinsip berpegang teguh tidak muncul dari diri sendiri begitu saja, ada lingkungan yang berpengaruh terhadap pandangan atau persepsi dalam prinsip yang dianut seseorang.

Saya sebagai mahasiswa mempunyai prinsip untuk selalu mengutamakan kuliah dan belajar, jadi hal lain yang saya lakukan hanya sebagai seligan atau bahan pembelajaran tambahan. Pengalaman saya untuk berpegang teguh pada prinsip pernah di uji pada suatu waktu ketika saya ditawari pekerjaan sebagai programmer tetapi saya harus mengorbankan waktu kuliah.

Pada awalnya saya sangat tergoda, dengan gaji dan pengalaman yang tidak saya dapat di bangku kuliah ditambah lagi bisa saya jadikan sebagai batu loncatan untuk karir saya kedepan yang lebih baik lagi.

Tetapi ketika disadari bahwa prinsip saya sebagai mahasiswa adalah mengutamakan kuliah maka ketika ada kagiatan yang menuntut saya mengorbankan waktu kuliah maka harus saya tinggalkan. Sehingga akhirnya saya tak ambil kesempatan itu dengan keyakinan bahwa masih ada peluang didepan setelah saya lulus ataupun kegiatan yang tidak mengganggu waktu kuliah saya.

Banyak manfaat atau keuntungan apabila kita berpegang teguh pada prinsif, antara lain :

  • Memiliki pemikiran yang tidak mudah berubah-ubah
  • Hidup yang tenang tidak mudah resah karena mengajarkan kita sebagai pribadi yang bersyukur.

Tidak hanya itu, tentu saja banyak manfaat yang dirasakan tetapi terkadang tidak dapat diungkapkan seperti betapa indahnya berbagi kesempatan pada orang lain. Semoga pengalaman saya ini dapat dapat menjadikan saya pribadi yang lebih baik, terus berpegang teguh pada prinsip dengan pedoman Al-qur’an dan hadist sebagai seorang muslim, serta pada UUD 1945 sebagai warga negara yang baik.

Leave a Reply

