Tanggung Jawab

Posted: 19/03/2015 in Tulisan

Sebelum membahas lebih jauh tentang tanggung jawab ada baiknya kita lebih dulu mengetahui apa itu arti dari tanggung jawab. Menurut kamus besar bahasa Indonesia tanggung jawab memiliki beberapa arti seperti :

  • keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dsb)
  • berkewajiban menanggung, memikul tanggung jawab.

Dari dua arti tanggung jawab diatas dapat disimpulan bahwa tanggung jawab adalah suatu kewajiban yang kita tagung tergantung tugasnya masing-masing.

Saya sebagai mahasiswa mempunyai banyak tanggung jawab seperti : menikuti perkuliahan sesuai jadwal, belajar, mengukuti praktikum, memperhatikan dosen, mengerjakan tugas yang dosen berikan bahkan kewajiban administrasi seperti membayar uang semesteran tepat waktu. Ditambah dengan tanggung jawab saya sebagai mahasiswa tingkat akhir yaitu menyelesaikan skripsi dan mengatur waku untuk bimbingan dengan dosen pembibing skripsi.

Sebelum tanggung jawab saya sebagai mahasiswa lebih dulu saya memiliki tanggung jawab sebagai seorang anak terhadap kedua orang tua dan agama yang saya anut. Tanggung jawab saya sebagai anak di usia 22 tahun ini tentu saja selain berbakti kepada orang tua yaitu bagaimana cara saya membahagiakan kedua orang tua baik secara moril ataupun materi. Berdasarkan Al-qur’an –kitab dari agama yang saya yakini- ada lima tugas yang diemban oleh setiap diri umat Muhammad SAW. Yaitu :

  • Tanggung jawab atas diri sendiri
  • Tanggung jawab keluarga
  • Tanggung jawab atas kaum kerabat dan sahabat
  • Tanggung jawab atas sesama muslim
  • Tanggung jawab seluruh manusia

Selain beberapa tanggung jawab diatas tanggung jawab saya yang lain sebagai mahasiswa adalah menjadi asisten di lab aplikasi dan pemrograman Universitas Gunadarma tanggung jawab saya terkadang sebagai asisten yang memberikan materi, teradang menjadi pengawas atau yang memeprsiapkan absen peserta tergantung bagaimana ketua lab yang mengaturnya karena berbeda tiap minggunya.

Tanggung jawab baru saya selain mahasiswa tingkat akhir yang berkutat dengan skripsi dan perkuliahan saya mendapat kesempatan untuk magang selama tiga bulan di sebuah perusahan IT programmer sebagai programmer. Tanggung jawab saya dalam pekerjaan ini membuat program-program yang diminta oleh client. Saya mulai magang pada tanggal 2 maret 2015. Selama magang di perusahaan ini saya sudah membuat program forex saham (untuk prediksi saham) dan sistem menajement pengetahuan untuk Pizza hut.

Memang tak mudah ketika memikul begitu banyak tanggung jawab, tapi ketika disyukuri dan dijalani dengan ikhlas serta berfikir positif banyak yang memiliki tanggung jawab lebih dari saya maka semuanya kan jadi mudah dan ringan, meskipun perasaan lelah, capek, serta sesekali mengeluh tanpa disadari menghinggapi tubuh ini tapi saya takakan menyerah dan akan selalu berusaha menanggung segala tanggung jawab yang diberikan oleh orang-orang yang percaya pada saya sebaik mungkin.

Leave a Reply

