Pengaruh Sosial Televisi Terhadap Anak-anak

Posted: 02/01/2015 in Tulisan

Penduduk dan budaya merupakan salah satu konsep yang tidak bisa dipisahkan lagi. Penduduk sendiri biasanya mencerminkan suatu budaya disuatu tempat. Pada kali ini saya akan membahas pengaruh sosial perubahan perilaku karena pengaruh televisi terhadap kehidupan sosial yang berada di negara kita ini, terutama pada anak – anak. Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan pengaruh sosial.
Pengaruh Sosial atau perubahan sosial adalah perubahan pola pikir (budaya) yang terjadi pada suatu wilayah, hal ini biasanya disebabkan oleh masuknya kebudayaan asing dari negara luar. Faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan sosial itu sendiri diantaranya seperti, komunikasi dan cara pola fikir masyarakat. Selain itu pengaruh sosial bisa datang dari internal suatu wilayah itu sendiri, biasanya seperti perubahan jumlah penduduk, terjadi revolusi, konflik ataupun penemuan baru. Perubahan sosial pun terkadang dikarenakan faktor dari luar (eksternal) seperti bencana alam dan perubahan iklim.

Pada kali ini saya akan memberikan contoh pengaruh televisi terhadap pembentukan watak pada anak – anak. Sebagai media, film berfungsi mewujudkan komunikasi yang mencakup berbagai fase dalam kegiatan kehidupan. Media ini merupakan landasan pembentukan pengertian dengan tujuan dari komunikasi tersebut.

Dalam kaitannya dengan perkembangan psikologis seseorang, maka kita ketahui watak merupakan resultan dari potensi kebaikan dan ketidakbaikan seseorang yang dibawanya sejak lahir dengan pengaruh – pengaruh lingkungan dalam pembentukannya. Dalam usia muda apalagi anak – anak biasanya selalu mengikuti gaya dari idolanya yang kemungkinan akan selalu dicontohnya, tanpa mempertimbangkan apakah itu baik atau buruk. Dengan demikian dalam hal ini diperlukan perhatian dari pihak terkait terutama orangtua agar bisa lebih selektif dalam memilih setiap bacaan maupun tontonan film yang biak serta mendidik bagi anak sehingga bisa memberikan pesan positif yang berpengaruh baik secara langsung ataupun tidak langsung mbentukan watak dan pribadi seorang anak, tentunya ini diharapkan agar tidak tumbuh dampak negative bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak.

Leave a comment