IPTEK

Posted: 02/01/2015 in Tulisan

IPTEK adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. IPTEK merupakan salah satu hal terpenting bagi Negara berkembang seperti Indonesia dalam proses meningkatkan standar hidup SDM (Sumber Daya Manusia) , kesejahteraan, dan melindungi SDA (Sumber Daya Alam).

IPTEK suatu Negara berkembang bisa sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya. Karena jika suatu Negara mampu untuk menguasai IPTEK maka Negara tersebut dapat di kategorikan sebagai Negara maju. Contohnya adalah Jepang dan Amerika Serikat, kedua Negara tersebut sangat berpengaruh bagi dunia karena Jepang dan Amerika Serikat mampu menciptakan teknologi-teknologi baru. Hal itu juga di pengaruhi oleh sumber daya manusianya yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam hal IPTEK.

Kemajuan IPTEK juga berdampak dalam hal pendidikan. Sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang menggunakan IPTEK dalam hal kegiatan belajar mengajar. Contohnya pengunaan komputer, proyektor, speaker, dan lain-lain.

Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam pembentukan budaya mempunyai dampak positf dan negatif. dampak positif pada pembentukan kebudayaan salah satunya adalah semakin berkembangnya daya pikir individu dalam suatu bidang, baik itu dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan, dan lain sebagainya. selain itu, kemampuan individu dalam mencari informasi atau mengumpulkan data untuk bahan diskusi dapat mereka dapatkan dengan cepat dan akurat melalui media yang berbasis teknologi. dari kedua hal di atas, pengaruh dalam pembentukan kebudayaan akan dengan sendirinya muncul di dalam lingkungan masyarakat sebagai masyarakat modern.

Adapun dampak negatifnya seperti penyalahgunaan media teknologi sebagai sarana pencarian hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan. hal itu dapat membentuk kebudayaan yang rendah akan moral dan sumber daya manusia yang bobrok tak berkualitas sedikitpun.

Komunikasi IPTEK terhadap masyarakat dan pemahaman masyarakat terhadap IPTEK merupakan subyek yang relatif baru di lingkungan akademis, namun berkembang untuk dipelajari lebih lanjut untuk mendukung proses pengambilan kebijakan publik. Pemahaman yang baik terhadap dinamika kompleksitas IPTEK dan interaksi IPTEK dengan masyarakat, berguna dalam peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap IPTEK dan akhirnya berkembang menjadi suatu sistem pengelolaan dan kontrol sosial masyarakat terhadap IPTEK.

Dalam komunikasi IPTEK, perangkat komunikasi atau penyampai informasi yang digunakan akan disesuaikan untuk menciptakan jaminan terjadinya pemahaman dan penerimaan masyarakat awam terhadap IPTEK. Sedangkan aspek ketiga adalah aspek kreativitas, yang membantu perkembangan kecerdasan dan kapabilitas masyarakat sehingga menghasilkan kemampuan dalam mengintegrasikan IPTEK ke kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s