Contoh Bisnis Informatika

Posted: 25/09/2014 in Tulisan

Bisnis & Informatika memiliki dua arti yang saling berbeda tetapi jika kata tersebut di padu padankan memiliki suatu keterikatan yang mempunyai satu makna. Apa itu Bisnis Informatika? Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Untuk lebih jelasnya penulis akan mencoba menjabarkannyapada tulisan kali ini. Penulis akan membahas satu persatu mengenai makna Bisnis Informatika.

1. Bisnis
1.1 Pengertian Bisnis.

  • Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari – hari.
  • Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.[Griffin & Ebert]

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

1.2 Aspek – Aspek Bisnis

  • Keuntungan individu dan kelompok
  • Penciptaan Nilai
  • Penciptaan Barang dan Jasa
  • Keuntungan melalui Transaksi

1.3 Fungsi Bisnis

  • Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
  • Fungsi Makro(Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)

2. Informatika
Informatika berkaitan erat dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

3. Bisnis Informatika
Setelah menelaah dari pengertian – pengertian diatas didapat maksud dari bisnis informatika. Menurut saya Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Kenapa begitu? Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Apa itu? Jawaban salah satunya Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang \”mewah\” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Kenapa bisa begitu? Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet.Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

Apa saja yang mencakup bisnis informatika?
Semua kegiatan yang melakukan transaksi jual – beli yang ada kaitannya dengan teknologi informasi masuk kedalam kategori bisnis informatika. Contoh, sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual – beli secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko – toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan modal laptop/pc dan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan.

Banyak sekali web – web penyedia jual – barang secara online. Contoh E-Bay dan di dalam negri ada KASKUS. Itu baru di dalam media internet, belum lagi kita lihat perkembangan warnet di indonesia.Dalam usaha mengembangkan sebuah warnet diperlukan teknik penjualan jasa beserta skill yang dipunyai oleh seorang pemilik atau administrator dalam menguasai bidang teknologi.Kalau pemerintah mau serius, kita bisa mendapatkan hasil yang sangat banyak di dalam Bisnis Informatika ini.

Dalam industri bidang informatika, terdapat 3 sektor yang cukup menjanjikan, masing-masing adalah sektor akses, sektor jaringan, dan sektor aplikasi/konten. Industri dalam sektor aplikasi/konten saat ini masih sangat menjanjikan, karena dalam hal ini barrier entrynya masih sangat rendah, belum memerlukan hi-tech skill, dan belum perlu modal yang besar.

Salah satu peluang yang terbuka lebar adalah pengembangan Mobile Application, yakni perangkat lunak yang beroperasi dalam smartphone dan perangkat bergerak lainnnya. Perangkat lunak ini biasanya termasuk dalam istilah apps yang marketplace-nya telah banyak tersedia, misalnya App Store, Android Market, Blackberry App, Ovi Store, Window Marketplace. Demikian dikatakan oleh salah satu pembicara seminar Harry N. Affandi, MBA, CISA. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku indutri informatika di Indonesia, karena pasar yang luas dan mudah diakses, peningkatan pemakai smartphone terus terjadi baik domestik maupun internasional, teknologi pengembangan (Developmen Kit) tersedia dengan bebas. Hanya tantangannya adalah harga jual relatif murah, persaingan sangat ketat, perlu usaha untuk menonjolkan produk.

Dari sisi pemasaran, untuk dapat menajangkau konsumen seluruh dunia, pemasaran atau promosi dapat dilalukan dengan sarana online. Menurut Heri Sutrisno, , sarana pemasaran itu dapat memanfaatkan perkembangan TI saat ini yakni melalui internet dengan web sebagai platform dan dengan menggunakan search engine marketing dan search engine optimation. Dalam hal promosi yang sangat mendasar dan perlu diperhatikan adalah segmentasi pasar, target pasar, positioning, dan value proposition.

Dari sisi lingkungan hidup, industri TI harus berorientasi pada pelestarian lingkungan. Pengembagan industri hardware khususnya, perlu berorientasi pada Green IT,. Dalam konsep green IT ini tercakup pengertian pengembangan dan penggunaan IT resources (aplikasi dan peralatan komputer) secara lebih baik untuk menjaga lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah penghematan energi. Dalam konteks ini industri hardware dan software harus juga mempertimbangkan penghematan energi, demikian pula dari sisi konsumen harus dipermudah dalam memanfaatkan hasil industri informatika .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s