Manfaat Jejaring Sosial dalam Dunia Pendidikan

Posted: 28/06/2013 in Tugas

socialmedia1Globalisasi saat ini telah menyebar sangat cepat hingga seluruh dunia. Peradaban manusia yang semakin pesat membuat orang menciptakan teknologi untuk mempermudah hidupnya. Dahulu jika orang ingin berkomunikasi harus bertemu dan bertatap muka satu sama lainnya, kini cukup memakai telepon, kita bisa berkomunikasi dengan teman atau saudara yang bertempat tinggal yang jauh.

Dan sekarang, teknologi semakin mempermudah kita untuk membangun komunikasi dengan adanya jejaring sosial. Jejaring sosial ini kemudian disenangi oleh banyak kalangan karena selain lebih mudah, kitapun bisa berbicara langsung dari jarak yang jauh. Salah satu jejaring ini adalah Facebook.

Dengan memiliki alat komunikasi yang modern seperti tablet PC, Smartphone dan gadget lain, kita semakin dipermudah dalam mengungkapkan emosi kita kepada sesama user.

Tak terkecuali anak-anak dan remaja. Siapa sih yang tidak mengenal Facebook? Tidak gaul jika tidak memiliki akun facebook. Itulah yang akan dikatakan oleh anak-anak kepada sesamanya jika salah satu temannya belum memiliki akun facebook.

Persoalan bertambah terkait etis-tidaknya anak-anak memiliki akun Facebook, dan ini menjadi dilema yang harus segera dipecahkan. Namun, argumen mengenai kepemilikan akun Facebook jauh lebih sulit. Sebab, kenyataannya Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat Anda hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.

Kelebihan Jejaring Sosial

  • Kemampuan Beradaptasi

business-and-social-media

Dengan jejaring sosial siswa akan mampu belajar cara mengembangkan kemampuan teknis dan sosial yang dibutuhkan mereka dalam menghadapi era digital sekarang ini. Mereka akan menemukan cara beradaptasi dan bersosialisasi dengan sahabatnya di jejaring sosial, serta kemampuan memanajemen pertemanan mereka.

 

  • Perluasan Jaringan Teman

hyper-connected_070813

Dengan jejaring sosial para siswa bisa menambah jaringan pertemanannya tanpa harus bertemu langsung sehingga mereka dengan mudah menciptakan suatu komunitas yang bermanfaat bagi mereka, entah itu dalam diskusi pelajaran maupun hal-hal lain yang bisa memberikan kontribusi positif bagi mereka para siswa.

 

  • Termotivasi

social-media-women-300x210 (1)

Dengan terbentuknya komunitas pertemanan yang luas, ini akan mampu memotivasi para siswa dalam mengembangkan diri dari materi atau masukan teman-teman baru mereka yang terhubung secara online.

 

  • Meningkatkan Kepedulian

social_media_marketing1

Saling sapa didalam situs jejaring sosial secara perlahan akan meningkatkan kualitas persahabatan, perhatian dan empati sesama teman yang saling terhubung secara online. Sapaan kepada teman lainnya membuat teman yang disapa merasa diperhatikan, berbagi photo, berbagi video, berbagi cerita, ini akan meningkatkan rasa kepedulian satu sama lain walaupun mereka tidak pernah bertemu secara nyata. Bentuk-bentuk perhatian seperti ini mampu mempererat tali persahabatan diantara teman dalam jejaring sosial maka secara alami mereka akan menjaga kualitas pertemanan mereka. Hal yang sederhana namun memberikan efek yang sangat baik dalam membentuk suatu komunitas yang saling menjaga persahabatan sesama teman.

Kekurangan Jejaring Sosial

 

  • Sosial Media adalah Pintu Gerbang ke Dunia Maya

Tidak mungkin mengisolasi akun Facebook dari seluruh jaringan internet yang lain. Jika Anda berpikir anak terlalu muda untuk menjelajahi internet atau tidak dapat dipercaya untuk tetap mengakses Facebook, maka memperkenalkannya dengan Facebook dan membuat akun sendiri adalah ide yang buruk.

 

  • Anak-anak Menjadi Kasar

Jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar. Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain. Kalaupun anak Anda tidak melakukannya, ia menjadi terbiasa dengan ejekan, olok-olok, web bullying,dan semacamnya. Bisa saja ia menganggap hal tersebut sesuatu yang lumrah, lalu melontarkannya pada Anda ketika mereka tidak sepakat dengan Anda. Akibatnya, terjadi pergeseran nilai tentang kesantunan yang Anda tanamkan selama ini.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa yang namanya jejaring sosial itu sangat luas sehingga kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat, selain itu jejaring sosial juga bisa berpengaruh dalam pendidikan remaja hususnya dalam pendidikan anak-anak karena bisa merusak moral dan etika dalam kepribadian diri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s