New Media

Posted: 05/10/2012 in Tugas

New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.

Pandangan New Media

New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Manfaat New Media:

• Bidang Pendidikan

Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa.manfaatnya yaitu pelajar atau mahasiswa bisa mencari bahan materi yang di perlukan oleh mereka, lalu manfaat lainnya pelajar atau mahasiswa sudah tidak perlu membeli buku , karena kita bisa mendowload EBOOK , EBOOk ini adalah suatu buku digital yang isinya adalah bahan-bahan materi yang ada di buku, jadi simple dan praktis, tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

• Bidang Pencarian Kerja

Dalam bidang ini sangat di rasakan oleh orang pengangguran. Karena lewat New Media orang bisa menetahui lamaran-lamaran kerja , tanpa harus membeli Koran atau keliling ke tempat perusahaan. Biasanya setiap instansi memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu ,dan melihat di pengumuman tentang adanya lowongan atau tidak. Melalui New Media juga  para pelamar kerja  bisa mendaftar lewat online , jadi tak usah repot-repot untuk datang ke tempat instansi  yang ingin dituju.

• Bidang Silaturahmi

Ini adalah bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang, dalam bidang ini banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakuakan silaturahmi, salah satunya Facebook,Friendster,Twitter,My Space,Yahoo Messangger,Yahoo dan lain sebagainya. Melalui website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada sanak sodara yang ada di manapun , di website ini kita dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan ,selain itu kita juga dapat mengirim photo ,video dll.

• Bidang Kesehatan

Dalam bidang ini, banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit. Biasanya orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang  tradisional (yang memakai tumbuh-tumbuhan sebagai ramuannya), disini juga kita dapat mencari resep-resep agar kondisi badan kita selalu bugar,lalu untuk menggemukan /menguruskan badan, juga untuk bertambah tinggi dengan cepat.

• Bidang Jual Beli

Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama-sama enak, sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk datang ke tempat-tempat yang menjual barang yang di inginkan dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan. Pembeli cukup melhat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama,no rek,kode barang dan kode post. Transaksi pembayaran dapat di lakukan dengan menggunakan ATM/ebanking dll.

Kerugian New Media

Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu. Selain itu juga ada Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar. Dan yang terkahir yaitu timbulnya rasa ketagihan yang berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring sosial.

Komponen New Media

Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.

Aplikasi New Media

Pada saat perkembangan teknologi sedang berkembang dengan sangat cepatnya, pasti banyak sekali produk-produk multimedia yang semakin banyak juga yang akan kita ketahui, baik itu melalui media massa, ataupun media elektronk seperti internet pada saat ini. Seiring dengan berkembang pesatnya media saat ini, saya akan membahas tentang beberapa aplikasi new media yang sudah awam kita gunakan sehari hari sebagai sarana untuk membantu kita dalam berbagai bidang.

  • Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online.  YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya.tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
  • YouTube

YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file dan bisa di share secara online.  YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh pembuatnya.

  • Wikipedia

Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

 

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s