Tujuan Hidup ke Depan

Posted: 14/01/2012 in Tugas

Programmer merupakan orang yang mampu membuat program/perangkat lunaknya sehinga dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware, contohnya seperti programmer komputer dan programmer microchip.

Menjadi Programmer, memang itulah yang menjadi obsesi dan tujuan hidup saya ke depan. Dalam tiga tahun ke depan saya ingin lulus kuliah dengan IPK cumload, kemudian pergi ke Amerika untuk menjadi programmer di perusahaan Microsoft atau Google dan belajar dari programmer-programmer handal di sana.

Sudah menjadi rahasia umum jika Amerika adalah sebuah negara maju dan paling terdepan dalam perkembangan dunia tekhnologi, oleh karena itulah saya ingin pergi kesana. Karena saya yakin, dengan saya pergi kesana akan menambah keahlian dan kemampuan dalam membuat program.

Setelah cukup mendapat ilmu dari sana, saya kembali ke Indonesia untuk mendirikan perusahaan IT Consultant. Membuat program-program yang dapat membantu di sebuah perusahaan, membuat aplikasi perkantoran, sistem operasi yang komersial, game, dan anti virus. Karena yang menjadi tujuan hidup saya adalah ingin memajukan Indonesia dalam bidang teknologi khususnya informasi dan komunikasi.

Mungkin terdengan gila dengan tujuan hidup saya ini mengingat saya hanya seseorang yang berangkat dari sebuah keluarga sederhana, tapi memang itulah yang menjadi tujuan, mimpi, cita-cita, dan harapan saya tiga tahun kedepan. Maka dari itulah saya kuliah di jurusan Teknik Informatika sekarang.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menjadi seorang programmer karena menurut saya hanya membutuhkan motivasi dan inovasi yang besar dari dalam hatinya, karena dengan adanya motivasi dan inovasi dari dalam hati akan dengan sendirinya kita akan terus berusaha dan mencoba mempelajari apa yang akan kita tekuni tersebut.

Bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan jurusan lain yang berminat pada pemrogramman komputer, memilih bahasa pemrogramman yang tepat sama halnya dengan memilih pasangan hidup. Kalau tepat dalam menentukan pilihan, kebahagiaan dan kesuksesan mengiringi perjalanan karir, sementara kalau tidak tepat, alamat menyesal seumur hidup.

Seperti kita ketahui, ada banyak tipe dan jenis bahasa pemrogramman. Ada bahasa mendekati bahasa mesin (Assembler), bahasa skrip (Python, VB Script, Java Script), Web (HTML, PHP, ASP, .NET, Java, Cold Fusion), bahasa aplikasi desktop (VB, Delphi, Java, FoxPro) dan masih banyak lagi.

Tapi ada salah satu faktor yang hanya membuat seseorang hanya menguasai 60% atau 70% saja dari apa yang dia pelajari, faktor tersebut yaitu rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu yang tinggi ini adalah rasa ingin mencoba mempelajari yang lain, karena itulah pemikirannya menjadi terbagi dengan hal lain. Oleh sebab itu saya sekarang sedang fokus pada satu bahasa pmrogramman Java dengan tujuan agar bisa 100% atau setidaknya 99% menguasai apa yang saya tekuni sekarang ini.

Leave a Reply

