Potensi Diri

Posted: 29/11/2011 in Tugas

“Programmer merupakan orang yang mampu membuat program/perangkat lunaknya sehingga dapat menjalankan perangkat kerasnya/hardware, contohnya seperti programmer komputer dan programmer microchip.”  [1]

Programmer, itu yang menjadi tujuan hidup saya ke depan. Tentunya harus ada kiat-kiat khusus untuk menjadi seorang programmer yang handal. Untuk mempelajari pemrograman komputer sebaiknya dimulai dari mempelajari bahasa pemrograman yang relatif sederhana terlebih dahulu. Saya belajar pertama dengan bahasa Java. Java merupakan alternatif yang baik untuk memulai. Karena Java merupakan bahasa pemrogramman sederhana yang berorientasi objek. Selain Java, bagi pemula bisa mempelajari bahasa berorientasi objek lainnya seperti C/C++. Jika dibandingkan dengan bahasa Pascal/Turbo Pascal yang merupakan bahasa yang berbasis prosedural, Java dan C/C++ bisa dibilang lebih mudah karena bahasanya yang berorientasi objek dan sintaksnya pun tidak terlalu rumit.

“Tidak ada programmer instan, tetapi dengan membanjirnya informasi di internet harusnya bisa mempercepat proses belajar.”   [2]

Di kebanyakan perguruan tinggi, Pascal merupakan bahasa pemrograman pertama yang diajarkan kepada mahasiswa jurusan informatika. Ini karena Pascal merupakan bahasa pemrograman yang sangat terstruktur sehingga memungkinkan mahasiswa untuk belajar mengasah logika pemrograman. Sementara itu, di perguruan tinggi yang lebih maju, semacam Gunadarma, para mahaiswa semester awal akan langsung dikenalkan dengan bahasa Java dengan pertimbangan bahwa penggunaannya lebih luas ketimbang Pascal sehingga lebih aplikatif.

Dalam mempelajari pemrograman tidak disarankan untuk mempelajari beberapa bahasa pemrograman sekaligus. Hal ini hanya akan membuat bingung dan bahkan akan memperlambat proses belajar. Saya untuk sekarang hanya mempelajari dan menguasai secara sungguh-sungguh pada satu bahasa pemrograman tertentu, yaitu Java. Sekali kita memahami sebuah bahasa pemrograman , maka tidak sulit untuk memahami bahasa pemrograman lain.

Pada dasarnya, setiap bahasa pemrograman hanya memiliki perbedaan pada sintaks dan cara-cara pendeklarasian variabel, konstanta, maupun hal-hal khusus semacam array, pointer, atau linked list (perkecualian ada pada bahasa assembly atau bahasa dengan struktur ‘nyeleneh’ semacam Prolog). Itulah sebabnya bagi mereka yang sudah akrab dengan pemrograman komputer, tidak akan terlalu kesulitan untuk mempelajari bahasa pemrograman baru.

Menjadi seorang programmer, tidak hanya harus menguasai coding dan manghasilkan program mapun system, tetapi harus juga pintar dalam berkomunikasi dengan client. Umumnya Programmer berusaha untuk memenuhi kemauan client, tetapi tidak sedikit dari programmer melupakan pengembangan ke depan dari suatu system/program, apabila sudah dibuat dan ingin dirubah, harus merombak ulang seperti database dan lain-lain yang berakibat fatal. Jadi programmer harus bias memikirkan matang-matang apa yang dibutuhkan client dan prospek kedepan.

Mirip seperti kegiatan hacking, pemrograman komputer lebih banyak mengandung unsur seni ketimbang teknis. Mempelajari ’seni’ pemrograman merupakan hal yang tidak kalah pentingnya selain mempelajari bahasa pemrograman itu sendiri. Subjek-subjek semacam teknik flowchart, struktur data, maupun logika dan algoritma pemrograman adalah hal yang perlu dipelajari untuk memahami ’seni’ memprogram komputer. Juga tidak lupa untuk mempelajari teknik-teknik pemrograman semacam OOP (Object Oriented Programming, Pemrograman berorientasi objek). Semua itu akan sangat berguna dalam kegiatan pemrograman yang sesungguhnya, terutama untuk membuat aplikasi-aplikasi yang kompleks.[3]

 [1] http://rezahackress.blogspot.com/2009/06/pengertian-programmer.html

[2] http://www.sumintar.com/menjadi-programmer-otodidak-solusi-sukses-tanpa-kuliah.html

[3] http://aldika-muhammad.blogspot.com/2009/11/cara-menjadi-seorang-programmer.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s