Selesai UN, Mau Ngapain?

Posted: 06/05/2011 in Uncategorized

Alhamdulillah, buat kamu yang duduk di kelas 3 (atau kelas XII) SMA/SMK/MA, akhirnya selesai juga hajatan UN alias Ujian Nasional. Semoga hasilnya memuaskan ya, dan tentu saja kamu bisa lulus. Insaya Allah. Gimana, ternyata Cuma gitu-gitu aja ya?hehehe..seperti biasa, soalnya sih gampang. Iya kan? Tetapi yang gak gampang adalah menjawabnya. Gubrak! Sori, bukan mo ngeledekin, tapi faktanya emang gitu kan? Meski demikian, bagi kamu yang sudah berusaha untuk rajin belajar dan tak kenal lelah untuk mengerjakan soal-soal latihan insya Allah mudah ya menjawab soal-soal UN kemarin.

Imanizty, semoga masa belajar yang kamu tempuh sejak SD hingga lulus SMA, berarti 12 tahun ya, cukup untuk menjadi bekal mengarungi kehidupan. Bagi kamu yang belum puas belajar, kuliah adalah pilihan tepat. Apalagi jika biayanya memang sudah disiapin sama ortumu. Ambil kesempatan itu dan gunakan sebaik-baiknya. Tetapi bagi kamu yang kebetulan sudah mentok, baik dari segi biaya maupun kemampuan akademik, jangan putus asa. Kesempatan kamu masih terbuka lebar untuk mengembangkan kemampuan.

Insya Allah bagi yang belajar di sekolah kejuruan nggak terlalu khawatir, karena bisa langsung bekerja di sektor industri sesuai keahlian yang dimiliki, tetapi bagi kamu yang lulusan SMA/MA agak sedikit berat. Meski tentu tetap harus semangat. Beratnya kenapa? Ya, karena dari segi keahlian tidak spesifik seperti kawan-kawan di sekolah kejuruan. Artinya, daya saing di sektor industri agak berat. Tetapi, tetap percaya diri saja.

Insya Allah masih ada jalan untuk memperbaiki kualitas diri sehingga bisa tetap mendapat peluang untuk mengais rejeki, selama kamu mau belajar. Banyak kok, orang yang bisa survive meski tak punya selembar ijazah SMA karena SMP pun tak lulus. Bahkan keahliannya bisa diadu dengan mereka yang makan bangku kuliahan. Bener lho. Selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha. Insya Allah.

Ujian Nasional bagi SMA dan SMK (termasuk MA) sudah berlaku beberapa pekan kemarin. Tinggal menunggu hasil. Semoga berhasil ya. Dan awal Mei kemarin giliran SMP yang mengadakan hajatan UN. Bagi kamu yang masih SD/SMP, pilihan tepat sebisa mungkin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Tetapi bagi kamu yang sudah SMA/SMK/MA, pilihannya ada dua: melanjutkan pendidikan atau mencari kerja (tepatnya sih mencari nafkah). Sebab, mencari nafkah tidak harus bekerja kepada orang lain, tetapi dengan berwirausaha pun Insya Allah akan menghasilkan uang untuk nafkah pribadi dan untuk orang yang menjadi tunggangan kita, yakni orang tua. Setidaknya sebelum nikah.

Jangan Berhenti Belajar

Imanizty, saya menuliskan subjudul ini maksudnya bahwa meski kamu sudah lulus sekolah dan nggak ngelanjutin kuliah, tetapi belajar gak boleh berhenti. Belajar apa saja yang sekiranya bisa membuat kamu jadi ahli. Bisa belajar dari orang lain, bisa membaca buku-buku mereka yang sudah sukses. Apa sajalah. Yang penting kamu bisa belajar dan mengasah terus kemampuanmu. Jangan pernah bayangkan bahwa belajar itu sulit, belajar itu harus mahal, belajar itu harus serius.

Nggak kok. Kita bisa belajar dengan mudah, murah, dan tentunya menghibur sehingga merasa enjoy dalam menjalankannya. Yup, intinya sesuatu itu harus yang membuat kita enjoy melaksanakannya,. Sebab, kalau merasa beban karena bukan berangkat dari niat dan minat yang kuat, biasanya akan ada sedikit gangguan dalam proses belajar tersebut. Ujungnya bisa jadi malah gak jalan. Oya, yang perlu mendapat catatan khusus, bahwa kita rasa-rasanya tak mungkin belajar semua yang kiat ingainkan dari sekian displin ilmu dan keterampilan. “Pilihlah satu bidang yang menjadi fokus belajar sesuai minat kita”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s